Jual Habbatussauda I Jinten Hitam I Manfaat Habbatussauda

Manfaat habbatussauda telah lama dikenal dan dibuktikan khasiatnya untuk pengobatan di seluruh dunia. Khasiat Habbatussauda sudah melegenda sejak dahulu, bahkan di zaman Nabi Muhammad SAW, habbatussauda dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kecuali Al-Sam yaitu kematian.

Habbatus sauda di Indonesia lebih dikenal dengan nama jinten hitam. Berikut kami paparkan secara detail tanaman habbatussauda dari beberapa sumber tentang khasiat dan manfaat habbatussauda untuk kesehatan dan kecantikan.



Gambar Habbatussauda

Jintan hitam adalah salah satu tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional (Lestari & Suharmiati, 2002:648). Manfaat jinten hitam salah satunya untuk mengobati berbagai penyakit.
"Baca Lebih Banyak" Bijinya dapat digunakan sebagai obat peluruh kentut, abses, rematik, sakit kepala, pencegah muntah, pencahar, pelancar ASI, infeksi saluran kemih, antibiotik, dan lain-lain (Depkes RI, 1995), sebagai sitotoksik dan imunostimulan (Swamy dan Tan, 2000).
`
Berminat beli habbatussauda? 
Silahkan klik di ProsedurPemesanan

Jinten menurut Longe, J.R. (2005) Di Timur Tengah dan Asia Barat telah dikenal selama kurang lebih 3000 tahun sebagai tanaman yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Manfaat jintan hitam seperti hipertensi, diabetes, mengatasi masalah pernafasan, saluran pencernaan, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Jinten hitam mulai ramai digunakan di Indonesia sejak lima tahun yang lalu. Beberapa produk yang mengandung jinten hitam juga telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) sebagai obat tradisional 

Taksonomi Habbatussauda

Habatusauda adalah salah satu kekayaan hayati di Indonesia (Sutrisno, 1981). Pemanfaatan jinten hitam sebagai bumbu dapur sekaligus obat sudah sejak beratus-ratus tahun yang lalu (Hendrik, 2007). Habatusaudah dalam bahasa latin disebut nigella sativa adalah salah satu tanaman yang tumbuh subur di wilayah tropis. Tanaman ini termasuk famili Ranunculaceae, yang merupakan tanaman berbiji. Jintan hitam juga tergolong tanaman gulma yang tumbuh semusim dengan tinggi 20-50 cm. Penyebaran tanaman ini meliputi wilayah Mediterania Timur hingga ke wilayah India dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Tanaman habatussaudah termasuk tanaman setahun, berbatang tegak dan biasanya berusuk serta berbulu kasar yang kadang-kadang rapat atau jarang. Bulu yang terdapat pada batang ini biasanya berkelenjar. Daun jinten hitam berbentuk lanset dan bergaris dengan panjang 1,5-2 cm, ujungnya meruncing, serta memiliki tiga tulang daun yang berbulu. Daun bagian bawah bertangkai dan bagian atas menguncup, sedangkan daun pembalut bunga relatif kecil. Bunganya memiliki lima kelopak bunga dengan bentuk bulat telur, ujungnya agak meruncing, serta pangkal mengecil membentuk sudut yang pendek dan besar. Mahkota bunga umumnya ada delapan dengan bentuk agak memanjang, lebih kecil daripada kelopak bunga (Yulianti, 2006:13).

Khasiat Jinten hitam telah lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat khususnya pada bagian biji. Biji jintan berbentuk kecil dan pendek (panjangnya hanya 1-3 mm), berwarna hitam berbentuk trigonal (bersudut tiga tak beraturan), berkelenjar dan tampak seperti batu api jika diamati dengan mikroskop. Biji-biji ini berada di dalam buah yang berbentuk bulat telur atau agak bulat (Yulianti, 2006:14).

Selain telah lama digunakan sebagai obat tradisional, manfaat jinten hitam juga banyak digunakan sebagai bumbu masakan di daerah Timur Tengah (Gilani et al., 2004). Menurut sejarah, Khasiat jintan hitam ini telah digunakan sebagai obat tradisional sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi di daerah Timur Tengah.

Budidaya Jinten Hitam

Jintan hitam (Nigella sativa L.) merupakan tanaman herbal yang telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat dan rempah-rempah(Salem, 2005). Tanaman ini merupakan tanaman introduksi sehingga keberadaannya belum banyak diketahui masyarakat. Total pemakaian jintan hitam dalam industri besar dan menengah dalam setahun adalah 144.817 kg (Wahyuni, 2009). Saat ini penelitian tentang budidaya jintan hitam di Indonesia masih kurang. Meskipun beberapa merk atau produk habbatussauda sudah banyak di toko obat habbatussauda seperti habbatussauda cap kurma ajwa atau habbatussauda kurma ajwa. Oleh sebab itu, peluang pengembangan tanaman ini di Indonesia masih sangat luas.

Budidaya jinten hitam termasuk mudah dibudidayakan oleh karena dapat tumbuh dengan mudah sehingga masyarakat dapat menggunakan lebih mudah dan ekonomis. Harga habbatussauda pun relatif murah.     Tanaman ini dapat ditanam dengan menggunakan sistem budidaya organik, artinya bahan yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya yaitu pupuk organik, serta pengendalian hama dan penyakit dilakukan menggunakan pestisida organik. Walaupun demikian, di Indonesia tanaman ini masih jarang dibudidayakan secara intensif. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan mengenai manfaat jinten hitam tersebut (Yulianti, 2006:25).

Berminat beli jintan hitam? 
Silahkan klik di ProsedurPemesanan



Gambar Pohon Jintan Hitam

Kandungan Habbatussauda

Kandungan kimia yang terdapat dari ekstrak biji jinten hitam dintaranya yang paling utama adalah thymoquinone (Nickavar et al.,2003). Penelitian Attaurrahman (1995) menyebutkan bahwa pada biji jintan hitam asal Mesir telah diketahui mengandung beberapa senyawa alkaloid seperti Nigelidin. Selain itu dari penelitian sebelumnya juga telah diketahui pada biji jintan hitam asal Timur Tengah terkandung beberapa alkaloid lain dari seperti Nigelisimin, Nigelisin, Nigelisimin Oksida, Nigellon, dan lainnya (Rastogi, 1993).

Adanya kandungan senyawa alkaloid pada biji jintan hitam diduga dapat memiliki potensi yang sama seperti obat-obat sintetis yang digunakan untuk mengobati Parkinson dikarenakan obat-obat sintetis tersebut juga termasuk pada golongan alkaloid. Meskipun telah diteliti bahwa pada ekstrak biji jintan hitam di daerah Timur Tengah mengandung senyawa-senyawa alkaloid tersebut, potensi kandungan senyawa alkaloid yang sama pada ekstrak biji jintan hitam yang tumbuh di daerah yang berbeda diduga juga akan berbeda. Senyawa-senyawa alkaloid pada tanaman termasuk metabolit sekunder yang berfungsi sebagai pertahanan diri.

Mekanisme pertahanan diri tersebut akan berbeda pada setiap daerah tergantung dari pengaruh lingkungan tempat tanaman tersebut tumbuh. Hal tersebut menyebabkan kandungan metabolit sekunder pada biji jintan hitam akan berbeda tergantung dari perngaruh lingkungan tempat tumbuh tanaman.

Khasiat minyak habbatussauda mengandung zat berkhasiat diantaranya adalah triglikosida flavonol yang merupakan senyawa flavonoid golongan kuersetin (Merfort et al.,1997) dan senyawa fenolik yaitu asam vanilat, spektra senyawa diidentifikasi dengan menggunakan RP-HPLC (Bourgaou et al., 2007). Senyawa flavonoid dan fenolik merupakan senyawa yang bertanggung jawab atas aktivitas dari suatu tanaman. Senyawa flavonoid mempunyai beberapa aktivitas antara lain antivirus, antiplatelet, anti alergi, anti-inflamasi, anti-tumor dan antioksidan (Buhler dan Miranda, 2000). Senyawa flavonoid dapat menghambat pertumbuhan sel kanker melalui penghambatan daur sel, pemacuan apoptosis, penghambatan angiogenesis, antiproliferatif, atau kombinasi dari beberapa mekanisme tersebut (Ren et al.,2003). Hasil penelitian menunjukan efek sitotoksik Nigella sativa pada mascytoma cell line (D815), dan sel karsinoma dari hati domba (IC01) (Mbarek et al., 2007), serta pada sel kanker tulang (Shoieb et al., 2002). Senyawa timokuinon dalam Nigella sativa mempunyai aktivitas sitotoksik pada sel Hela (Yazan et al, 2009). Penelitian Farah dan Begum (2003) menunjukkan ekstrak air jinten hitam mempunyai nilai IC 50 940,5 μg/mL terhadap sel kanker MCF-7.

Kandungan jinten hitam yang banyak manfaatnya, antara lain sebagai anti inflamasi, penguat sistem kekebalan tubuh, anti histamin, antiarthritic dan analgesic (Qayyim, 2005). Secara umum kandungan jinten hitam (Nigella sativa) terdiri dari lemak dan minyak nabati (35%), karbohidrat (32%), protein (21%), air (5%), saponin, nigellin, asam  amino, bermacam-macam mineral seperti kalsium, sodium, potasium, magnesium, selenium zat besi serta mengandung vitamin A, B1, B2, B6, C,E dan niacin (Yulianti, 2006:15).

Habbatussauda murni memiliki kemampuan untuk meredakan radang atau sebagai anti inflamasi. Menurut Marahimin (2006:94) unsur kandungan dalam jinten hitam yang mempunyai kemampuan anti inflamasi adalah thymoquinone. Aktifitas anti radang dari thymoquinone ini dapat dicapai melalui berbagai cara diantaranya yaitu menghambat jalur siklooksigenase dan lipooksigenase (Houghton, 1995: 33-36). Dengan menghambat jalur lipooksigenase dan siklooksigenase maka pembentukan mediator radang prostaglandin dan migrasi sel-sel leukosit ke daerah radang juga akan terhambat (Robbins & Kumar, 1995:40).

Kandungan Minyak Habbatussauda

Biji jinten hitam mempunyai kandungan kimia yang bermanfaat diantaranya yaitu 35% lemak dan minyak nabati, 32% karbohidrat, 21% protein, 5% air, saponin, nigellin, asam amino, flavonoid, bermacam-macam mineral dan vitamin. Mineral yang terkandung dalam jinten adalah kalsium, sodium, potasium, magnesium, selenium dan zat besi. Sedangkan vitaminnya adalah vitamin A, B1, B2, B6, C,E dan niacin (Yulianti, 2006:15). Selain itu, dalam manfaat minyak habbatussauda terkandung nigellone dan thymoquinone (Mahfouz & El-Dakhakny, 1996:9).

Manfaat habbatussauda

Habbatussauda asli berpotensi sebagai imunostimulan karena mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat habatusauda mengandung beberapa bahan aktif yaitu, Thymoquinone, Dithymoquinone, Thymohidriquinone, dan Thymol (Endarti, 2009). Menurut Hendrik (2007) dalam Aldi dan Suhatri (2011) obat habbatussauda dapat merangsang dan memperkuat sistem imun tubuh melalui peningkatan jumlah, mutu, dan aktifitas sel-sel imun tubuh. Jintan hitam diduga bekerja sebagai imunomodulator yaitu bekerja dengan melakukan modulasi (perbaikan) sistem imun. Hasil penelitian Endarti (2009) ekstrak jintan hitam (N. sativa) konsentrasi 9% dapat meningkatkan jumlah sel darah putih.

Manfaat habbatussaudah di Yunani digunakan untuk meringankan sakit kepala, sakit gigi dan sakit perut. Jintan hitam umumnya digunakan di Timur Tengah sebagai obat tradisional untuk memperbaiki berbagai kondisi kesehatan manusia (Al-Saleh dkk, 2006).

Manfaat habbatusauda: Sumber Wikipedia

1.      Memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus, kuman dan bakteri. Hasil Penelitian Dr. Ahmad Al Qadhy, 1986 dan laporan penelitian lainnya seperti tertera dalam Jurnal Farmasi Pakistan, 1992
2.      Mempertahankan tubuh dari serangan kanker dan HIV. Hasil penelitian Prof. G Reitmuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich dan laporan terpisah dari penelitian tim Dr. Basil Ali, Universitas King Faisal, Arab Saudi, serta laporan penelitian Immono Biology Laboratory, California, AS. Laporan lain menyebutkan bahwa Habbatussauda dapat menghentikan pertumbuhan sel tumor.
3.      Meningkatkan fungsi otak. Dengan kandungan asam linoleat (Omega 6) dan asam linolenat (Omega 3), khasiat habbatussauda oil merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun.
4.      Habbatussauda juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.
5.      Menyembuhkan berbagai jenis penyakit pernapasan. Menyembuhkan penyakit asma bronkial, bronkitis, gampang lelah, batuk kronis dan penyakit pernapasan lainnya
6.      Mengatasi gangguan tidur dan stress. Unsur Sapion terdapat pada Habbaussauda mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat memengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta memengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh, dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, menghilangkan stress, dan melancarkan air susu ibu (penelitian Potchestroom, 1989)
7.      Sebagai antihistamin & antialergi. Berdasarkan penelitian Nirmal Chakravaty MD 1993, dan penelitian lain oleh Dr. Med. Peter Schleincher, ahli immonologi dari Universitas Munich

Masih Ragu, Khasiat Habbatussauda ?

Khasiat habbatussaudah
Menurut Marahimin (2006:94) dan Abuahsan (2005) manfaat jinten hitam bagi kesehatan yaitu sebagai berikut :

1.      Anti radang
Kandungan jinten hitam yang berfungsi sebagai anti radang yaitu thymoquinone. Senyawa ini merupakan antioksidan yang ampuh dan efektif menghilangkan racun dalam tubuh. Thymoquinone berperan sebagai penghalang jalur lipooksigenase dan siklooksigenase sehingga dapat menghambat terjadinya radang.

2.      Menguatkan sistem kekebalan
Habbatussauda kapsul dapat meningkatkan jumlah sel T yang baik untuk meningkatkan selsel pembunuh alami sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3.      Meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan
Dengan kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3) jinten hitam merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.

4.      Meningkatkan bioaktivitas hormon
Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin, yang masuk dalam peredaran darah. Salah satu kandungan jinten hitam adalah setrol yang berfungsi mensintesa dan sebagai bioaktivitas hormon.

5.      Menetralkan racun dalam tubuh
Racun dapat mengganggu metabolisme dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Jinten hitam mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

6.      Anti histamin
Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti asma. Penelitian Nirmal Chakravaty MD pada tahun 1993 membuktikan bahwa minyak nigellone yang berasal dari minyak volatile jinten hitam dapat memberi efek suppresif, dapat menghambat proteinkinase C yang merupakan sebuah zat yang memicu pelepasan histamin

Manfaat habbatussauda jinten hitam telah banyak diteliti dalam berbagai penelitian mengenai aktivitas biji jintan hitam terhadap berbagai penyakit. Secara tradisional, banyak kegunaan dari biji jintan hitam yang telah dilaporkan termasuk terhadap penyakit neurodegeneratif (Warrier et al., 2004). Bukti empirik penggunaan ekstrak biji jintan hitam untuk mengobati gejala penyakit neurodegeneratif telah diketahui sejak zaman dahulu di wilayah Timur Tengah. Secara tradisional manfaat habbatussauda cair hasil perebusan biji jintan hitam asal Timur Tengah telah banyak digunakan untuk mengobati gejala-gejala penyakit seperti kekakuan otot (muscle rigidity), tremor, serta gejala katalepsi (kekakuan) yang sebagian besar merupakan gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit neurodegeneratif.

Berikut kami simpulkan beberapa manfaat habbatussauda dalam mengobati beberapa penyakit yang telah terbukti dari berbagai sumber dan pakar pengobatan terpercaya.

Secara umum dari beberapa sumber diatas, manfaat jintan hitam atau habbatussauda dapat dirangkum sebagai berikut :

1.      Obat peluruh kentut,
2.      Obat Rematik,
3.      Obat Sakit kepala,
4.      Obat Pencegah muntah,
5.      Obat Pelancar ASI,
6.      Obat Infeksi saluran kemih,
7.      Obat Antibiotik,
8.      Obat Hipertensi,
9.      Obat Diabetes,
10.  Mengatasi masalah pernafasan,
11.  Obat saluran pencernaan,
12.  Meningkatkan kekebalan tubuh,
13.  Merangsang dan memperkuat sistem imun tubuh melalui peningkatan jumlah, mutu, dan aktifitas sel-sel imun tubuh,
14.  meringankan sakit gigi dan sakit perut,
15.  Mempertahankan tubuh dari serangan kanker dan HIV,
16.  Menghentikan pertumbuhan sel tumor,
17.  Meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan,
18.  Obat penyakit asma bronkial, bronkitis, gampang lelah, batuk kronis dan penyakit pernapasan lainnya,
19.  Mengatasi gangguan tidur dan stress,
20.  Anti radang,
21.  Menetralkan racun dalam tubuh,
22.  Obat kekakuan otot (muscle rigidity).

Belum Yakin, Manfaat habbatussauda ??
Silahkan di Baca, beberapa sumber yang disertakan dari pendapat para Ahli

Manfaat Habbatussauda menurut Islam

Terdapat sebanyak 14 Hadis Sahih tentang khasiat habbatussauda jinten hitam diantaranya :

Diriwayatkan dari Aisyah ra, beliau mendengar Rasulullah saw bersabda:

“Sesungguhnya Al-Habbatus Sauda’ boleh menyembuh segala penyakit kecuali Al-Sam”. Aku bertanya. “Apakah Al-Sam itu? Baginda menjawab, “AlSam itu ialah maut” (Riwayat Imam Bukhari).

Manfaat lain habbatussauda

Manfaat habbatussauda untuk kulit, sejak jaman dulu di Mesir kuno Habbatussauda atau Jintan Hitam sudah dikenal sebagai salah satu biji-bijian yang bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Cara penggunaanya sangat cukup mudah. Jintan Hitam atau minyak Jintan Hitam dapat diminum atau dioleskan pada kulit, kandungannya yang kaya akan vitamin dan omega membuat orang yang meminumnya atau menggunakan Jintan Hitam akan memiliki kulit yang halus serta lembut. Selain itu Jintan Hitam juga terkenal dapat melawan penuaan dini.

Manfaat habbatussauda untuk wajah juga digunakan untuk meremajakan kulit wajah. Cara penggunaannya dengan mengoleskan minyak Jintan Hitam pada wajah anda yang sebelumnya sudah dibasahi terlebih dahulu, kemudian tutuplah dengan handuk lembab setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 menit, terakhir bilas muka anda dengan air bersih. Lakukan tips ini berapa kali dalam seminggu untuk menghilangkan kerutan serta mempertahankan keremajaan kulit.

manfaat dan khasiat habbatussauda untuk kesuburan, beberapa refrensi menyebutkan bahwa habbatussauda dapat meningkatkan kesuburan pria.

Manfaat dan khasiat habbatussauda untuk jantung. Bukti riset dari para peneliti dari Univ. King Saud-Arab Saudi, melakukan penelitian guna mengetahui pengaruh habbatus sauda’ terhadap kadar homosisitin darah. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Int J Cardiol, Januari 2004. Peneliti memberikan zat thymoquinone (zat aktif dalam habbatus sauda’) kepada sekelompok tikus percobaan (100 mg/kg), dalam 30 menit, selama seminggu. Para peneliti menemukan bahwa pemberian zat thymoquinone bisa menjadi pencegah yang efektif terhadap kenaikan homosisitin. Hal ini mengindikasikan bahwa habbatus sauda’ bisa melindungi jantung dan pembuluh darah.

Manfaat habbatussauda bagi ibu hamil. Pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami terutama pada musim hujan di mana anak mudah terkena flu atau pilek. Kandungan omega 3, 6, 9 yang terdapat dalam habbatus sauda merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.

Testimoni

Berikut kami paparkan beberapa literatur buku yang mengkaji secara mendalam beberapa manfaat dan khasiat jintan hitam:

1.      Antibacterial (Ferdous et al.,1992; Hanafy and Hatem, 1991; Rathee et al.,1982)
2.      Antitumor (David et al., 1998)
3.      Anti-inflammatory (Houghton et al., 1995; Mutabagani and El-Mahdy, 1997)
4.      CNS depressant and analgesic (Khanna et al., 1993)
5.      Hypoglycemic (Al-Haderet al., 1993)
6.      Smooth muscles relaxant (Aqel, 1993; Aqel, 1995; Aqel and Shaheen, 1996)
7.      Cytotoxic and immunostimulant (Swamy and Tan, 2000).

Cara konsumsi habbatussauda:

1.      Ditumbuk
Madu habbatussauda dapat dibuat dengan cara ditumbuk dicampur dengan madu dan air panas, kemudian diminum rutin setiap hari untuk menghancurkan batu ginjal dan batu kandung kencing, memperlancar air seni, haid, dan khasiat habbatussauda untuk ibu menyusui yaitu memperlancar ASI.

2.      Adonan untuk Mengeluarkan Cacing
Membuat adonan habbatussauda yang mampu mengeluarkan cacing dengan lebih kuat. Habbatus sauda diadon dengan air tepung basah atau tepung yang sudah dimasak, kemudian minum air tersebut untuk mengobati cacingan pada anak.

3.      Adonan Untuk Sesak Nafas
Membuat adonan habbatussauda untuk menghilangkan sesak napas dan gangguan pernafasan lain. Caranya, minum minyak habbatussauda kira-kira sesendok makan dan dicampur dengan air putih atau air hangat.

4.      Masak Pakai Cuka
Dimasak dengan cuka dan dipakai berkumur-kumur untuk mengobati sakit gigi dan kedinginan.

5.      Sebagai Pembalut Luka
Digunakan sebagai pembalut luka dengan dicampur cuka untuk mengatasi jerawat dan kudis bernanah.

6.      ditumbuk halus.
Balurkan setiap hari ke luka gigitan anjing gila dua atau tiga kali oles, lalu dibersihkan dengan air.

Catatan:
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama penggunaan jinten hitam. Habbatussauda untuk ibu hamil     sebaiknya tidak digunakan selama kehamilan karena masih sedikit penelitian terhadap penggunaan jinten hitam pada kehamilan. Telah dilaporkan bahwa efek samping habbatussauda atau efek samping jintan hitam menyebabkan pada hati, ginjal, dan dapat menurunkan gula darah sehingga pasien dengan penyakit hati, ginjal dan gula disarankan tidak menggunakan produk ini secara berlebihan. Lebih bagus lagi jika sudah ada rekomendasi dari dokter.

Habbatussauda



Sumber: Youtube

Berminat Beli Habbatussauda ?
Berikut Daftar Harga Kami:
1.    Kapsul Habbatussauda


Gambar Kapsul Habbatussauda Cap Kurma Ajwa
Harga RP. 75.000
Isi: 120 kapsul

2.    Minyak Habbatussauda


Gambar Minyak Habbatussauda

Harga Rp. 42.000
Isi : 10 ml

3.    Sabun Habbatussauda


Gambar Sabun Habbatussauda
Harga Rp. 21.000
Berat : 90 gram

4.    Serbuk Habbatussauda


Gambar Serbuk Habbatussauda
Harga Rp. 85.000
Berat : 500 Gram

Format pemesanan:

Ketik SMS dengan format Manfaathabbatussauda.com # Nama Lengkap# Alamat Lengkap# Nomer HP Aktif# Jumlah yang dipesan# Keterangan lain jika ada. Kirim Ke 085727150339.

Contoh:
Manfaathabbatussauda.com# Niti Suparlan# Jl. Menangeng Rt. 01 Rw. 06 Kelurahan Kudu Kecamatan Genuk Kota Semarang 50116# 085727150339# 5 botol kapsul habbatusaauda # Minta nomer rekening BCA ya. Kirim Ke 085727150339

Penting di Baca :
1. Harga belum termasuk ongkos kirim
2. Harga Net dan tidak ada penawaran. 
3. Tidak setiap Anda Telfon atau sms kami balas, dikarenakan kami sudah menjelaskan secara detail dan agar transaksi lebih efektif.
4. Jika anda sudah mengirim sms dengan format sesuai yang kita anjurkan, selanjutnya kami akan menginformasikan rincian biaya dan nomer rekening kami.
5. Pengiriman kami lakukan setiap hari kecuali hari minggu dan hari libur. Transfer sebelum jam 9 siang, kami kirimkan hari itu juga, namun jika transfer diatas jam 9 siang, kami kirimkan hari berikutnya.
6. Setelah pesanan kami kirimkan, selanjutnya kami akan kirimkan informasi nomer resinya.
7. Jika dalam rentang waktu 7-10 sejak pengiriman barang dan barang belum sampai ke tangan Anda, Segeralah hubungi kami. Dan kami akan memberikan garansi jika barang tidak sampai.



Jika ada yang ingin disampaikan, silahkan hubungi kami di :
HP  : 085727150339
WA  : 085727150339
BBM : DD5918C2

Hormat kami,
Manajer                     Customer Service


Muhammad Solihin M. Pd      Umi Nadzifah

Maaf, kami belum melayani pengiriman ke luar Negeri.
Area wilayah pengiriman kami yaitu:

Wilayah Pengiriman habbatussauda di Aceh : Banda Aceh, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Pidie Jaya, Simeulue, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam, Bener Meriah, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Utara, Bireuen, Gayo Lues, Nagan Raya, Pidie.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Sumatera Utara : Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Langkat, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Toba Samosir, Binjai, Gunungsitoli, Medan, Padangsidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebing Tinggi, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Asahan, Batubara, Dairi.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Bengkulu : Mukomuko, Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kaur, Kepahiang, Lebong, Rejang Lebong, Bengkulu, Seluma.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Jambi : Muaro Jambi, Merangin, Sarolangun, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Jambi, Sungai Penuh, Tebo, Batanghari, Bungo, Kerinci.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Riau : Rokan Hulu, Siak, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Dumai, Pekanbaru.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Sumatera Selatan : Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu Timur, Lubuklinggau, Pagar Alam, Palembang, Prabumulih.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Lampung : Way Kanan, Bandar Lampung, Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara, Mesuji, Pesawaran, Pringsewu, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Metro, Tanggamus.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Sumatera Barat : Kepulauan Mentawai, Agam, Dharmasraya, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok, Tanah Datar, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Kepulauan Bangka Belitung : Belitung, Belitung Timur, Pangkal Pinang, Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Kepulauan Riau : Batam, Tanjung Pinang,Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga, Natuna.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Banten : Serang, Lebak, Pandeglang, Tangerang, Tangerang, Serang, Cilegon, Tangerang Selatan.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Jawa Barat : Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang, Bandung, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya, Banjar, Bekasi, Kuningan, Majalengka, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Bogor, Cimahi.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di DKI Jakarta : Jakarta Utara, Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Jawa Tengah : Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal, Temanggung, Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Yogyakarta, Magelang, Pati, Wonogiri, Wonosobo.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Jawa Timur : Bondowoso, Gresik, Jember, Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Batu, Blitar, Bojonegoro, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya, Ngawi, Pacitan, Pamekasan.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Bali : Tabanan, Denpasar, Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Nusa Tenggara Barat (NTB) : Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Mataram, Bima, Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Nusa Tenggara Timur (NTT) : Lembata, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kupang, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Kupang, Timor Tengah Utara.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Kalimantan Barat : Kayong Utara, Ketapang, Bengkayang, Kapuas Hulu, Kubu Raya, Landak, Melawi, Pontianak, Sambas, Sanggau, Sekadau, Sintang, Singkawang Pontianak.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Kalimantan Selatan :  Banjar, Barito Kuala, Balangan, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tapin, Banjarmasin, Banjarbaru.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Kalimantan Tengah : Murung Raya, Pulang Pisau, Sukamara, Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Palangka Raya, Seruyan.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Kalimantan Timur : Kutai Timur, Malinau, Berau, Bulungan, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Nunukan, Paser, Tana Tidung, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Tarakan, Penajam Paser Utara.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Gorontalo :  Gorontalo, Gorontalo Utara, Boalemo, Bone Bolango, Pohuwato.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Sulawesi Selatan : Makassar, Bantaeng, Barru, Bone, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Pinrang, Sinjai, Soppeng, Takalar, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Palopo, Parepare, Sidenreng Rappang.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Sulawesi Tenggara : Wakatobi, Bau-Bau, Kendari, Bombana, Buton, Buton Utara, Kolaka, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Muna.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Sulawesi Tengah : Donggala, Banggai, Banggai Kepulauan, Buol, Morowali, Tojo Una-Una, Toli-Toli, Sigi, Palu, Parigi Moutong, Poso.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Sulawesi Utara :  Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Minahasa Utara, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kepulauan Talaud, Manado, Tomohon, Bitung, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Sangihe, Kotamobagu.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Sulawesi Barat : Polewali Mandar, Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Utara.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Maluku : Kepulauan Aru, Buru, Buru Selatan, Maluku Barat Daya, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Tual, Ambon.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Maluku Utara : Kepulauan Sula, Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Halmahera Timur, Pulau Morotai, Ternate, Tidore.
Wilayah Pengiriman habbatussauda di Papua : Tolikara, Asmat, Biak Numfor, Boven Digoel, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Keerom, Kepulauan Yapen, Nduga, Paniai, Pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Waropen, Lanny Jaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mappi, Mimika, Nabire, Yahukimo, Yalimo, Jayapura, Merauke.

Wilayah Pengiriman habbatussauda di Papua Barat : Manokwari, Fakfak, Kaimana, Maybrat, Raja Ampat, Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Teluk Wondama, Sorong, Teluk Bintuni.